RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N 1
Wonosalam
Kelas / Semester :
VII A (tujuh A)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan
Alam)
Standar Kompetensi
1.
Siswa
mampu memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan
menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar
1.2
Mendeskripsikan
pengertian suhu dan pengukurannya
Indikator
1.
Menjelaskan
pengertian dari suhu
2.
Mendeskripsikan
jenis-jenis dari termometer
3.
Membandingkan
termometer Celsius dengan termometer yang lain
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
1.
Menjelaskan
pengertian suhu
2.
Menggunakan
termometer untuk mengukur suhu benda
3.
Melakukan
percobaan untuk membuat thermometer sederhana
4.
Membaca
skala pada thermometer Celcius
5.
Membandingkan
skala pada thermometer Celcius dan thermometer Fahrenheid
B.
Materi Pembelajaran : Suhu
dan Pengukuran
C.
Metode Pembelajaran
1.
Model : -Direc instruction (DI)
-Kooperatif learning
2. Metode : -Diskusi
Kelompok
-Eksperimen
D.
Langkah-Langkah Kegiatan
1.
Pertemuan Pertama
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan apresepsi
Ø Alat apakah yang dipakai bila suhu tubuhmu terasa panas?
·
Prasyarat
pengetahuan
Ø Apakah satuan suhu menurut SI?
Ø Termasuk besaran apakah suhu itu?
·
Pra
Eksperimen
Ø Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang terbuat dari kaca
Ø Juga hati-hati menggunakan api
b.
Kegiatan Inti
·
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
·
Secara
kelompok peserta didik mendiskusikan pengertian suhu, kemudian membuat
kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.
·
Guru
menganggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar.
· Setiap
kelompok diberikan sebuah thermometer suhu badan, setiap kelompok mediskusikan
bagaimana cara menggunakan thermometer yang benar
· Peserta
didik dalam kelompok melakukan eksperimen cara membuat thermometer sederhana
dengan menggunakan alat-alat yang telah disediakan (thermometer tak bersekala,
bejana kaca, kaki tiga dan kassa, air, es batu, kompor spirtus)
·
Peserta
didik mengamati dan menuliskan datanya kedalam lembar data praktikum
c.
Kegiatan Penutup
· Guru
bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok
·
Guru
bersama peserta didik membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar
·
Guru
memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari
·
Guru
memberikan tugas rumah berupa pertanyaan misalnya mencari macam-macam
thermometer yang ada dalam kehidupan sehari-hari
2.
Pertemuan Kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan apresepsi
Ø Secara klasikal guru memberi pertanyaan, apakah satuan suhu dalam
SI.
·
Prasyarat
pengetahuan
Ø Guru menunjuk sebuah thermometer, peserta didik diminta untuk
membaca skala
b.
Kegiatan Inti
· Melalui
diskusi kelas, guru memberikan informasi cara membaca skala pada thermometer
yang benar.
· Melalui
diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas membandingkan skala pada
thermometer Celcius dengan thermometer Fahrenheid
· Guru
memberikan informasi cara menentukan skala thermometer Celcius dan Fahrenheid
dengan perbandingan C : F = 5 : 9
· Guru
memberikan contoh latihan cara menghitung skala thermometer Celcius dan
Fahrenheid
c.
Kegiatan Penutup
·
Guru
bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Guru
memberikan latihan soal-soal tentang thermometer
·
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal
E.
Penilaian Hasil Belajar
a.
Teknik
Penilaian
Tes
Tertulis
Tes
Unjuk Kerja
b.
Bentuk
Instrumen
Isian
dan Pilihan Ganda
Uji
Petik Kerja Prossedur dan Produk
c.
Contoh
Instrumen
Instrumen
Tes Isian
Alat
yang diukur untuk mengukur suhu zat adalah …………
Kunci
: Termometer
Skor
= 1
Contoh
Tes Pilihan Ganda
Bila
Termometer Celcius menunjuk angka 30 derajat, maka :
a.
82derajat
F
b.
84
derajat F
c.
85,5
derajat F
d.
86
derajat F
Kunci
: d
Skor
1
Uji
petik kerja prosedur dan produk
Lakukan
kegiatan untuk membuat thermometer sederhana dengan menggunakan alat-alat
sebagai berikut:
ü Termometer tak bersekala
ü Kaki Tiga dan Kassa
ü Bejana kaca
ü Kompor Spirtus
ü Air dan Es Batu
F.
Sumber Belajar
a.
Alat-alat
Praktikum
a.
Thermometer f) Mistar
b.
Bejana
kaca g) Pita ukur
c.
Pembakar
Bunsen h)
Jangka Sorong
d.
Kertas
polos i) Mikrometer
Sekrup
e.
Kaki
tiga j) Neraca
b.
Buku
Referensi
1.
Kanginan,
Marthen,. 2006. IPA Fisika 1 untuk SMP KELAS VII. Jakarta: Erlangga
2.
Guru,
Tim Abadi. 2006. IPA FISIKA untuk SMP KELAS VII. Jakarta: Erlangga
Rubik
No
|
Aspek
|
Skor
|
1
|
Merangkai
alat dengan benar
|
2
|
2
|
Melakukan
kegiatan dengan prosedur yang benar
|
4
|
3
|
Memperoleh
data dari percobaan
|
2
|
4
|
Membuat
kesimpulan dengan benar
|
2
|
Jumlah Skor
|
10
|
Selasa, 12
Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMP N 1
Wonolalam Guru Mata Pelajaran,
Hj.
Umaroh, M.Pd Nia Nor Ikhsani
NIP.19800915
200501 1 212 NIM.
103611012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N 1
Wonosalam
Kelas / Semester : VII A (tujuh A)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan
Alam)
Standar Kompetensi
1.
Siswa
mampu memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan
menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar
1.1 Siswa mampu mendeskripsikan macam-macam
besaran beserta satuannya.
Indikator
1.
Menjelaskan
besaran dan satuannya
2.
Mendeskripsikan
jenis-jenis besaran dalam fisika
3.
Menurunkan
satuan yang tepat dari besaran pokok menjadi besaran turunan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
1.
Menjelaskan
pengertian besaran dan satuan
2.
Membedakan
antara besaran pokok dan besaran turunan
3.
Mengetahui macam-macam besaran pokok dan besaran
turunan.
4.
Mengonversi
satuan yang tepat dalam melakukan perhitungan
5.
Mengetahui
satuan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok.
B.
Materi Pembelajaran : Besaran
dan satuan
C.
Metode Pembelajaran
1.
Model : -Direc instruction (DI)
-Kooperatif learning
2. Metode : -Demonstrasi
-Pengamatan
D.
Langkah-Langkah Kegiatan
A.
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan apresepsi
Ø Dalam memotong sebuah kayu menjadi kursi, besaran apakah yang
digunakan?
·
Prasyarat
pengetahuan
Ø Apakah maksud dari besaran dan satuan?
Ø Termasuk besaran apakah panjang itu?
2.
Kegiatan Inti
·
Guru
nengecek kesiapan siswa, media dan kelengkapan belajar dikelas
·
Siswa
mendengar yang disampaikan guru terkait materi besaran dan satuan
·
Dari
macam macam-macam besaran pokok dan besaran turunan yang ada di papan tulis,
siswa diminta untuk menyebutkan dan menuliskan jawabannya (satuan yang tepat)
· Siswa
mendengar aktif informasi guru bahwa masing-masing besaran mempunyai
karakteristik yang berbeda dan kegunaan tersebut akan diketahui siswa melalui
hasil pengamatan dslsm percobaan
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengajak siswa bertepuk tangan agar
bersemangat dalam belajar.
3.
Kegiatan Penutup
· Guru
bersama peserta didik membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar
· Guru
memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja disampaikan
B.
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan apresepsi
Ø Secara klasikal guru memberi pertanyaan, apakah massa termasuk
besaran pokok?
·
Prasyarat
pengetahuan
Ø Guru menimbang sebuah batu, satuan dari massanya adalah.?
2.
Kegiatan Inti
a) Siswa
maju kedepan kelas secara bergantian dengan menyebut dan menuliskan satuan dari
besaran tersebut.
b) Dengan
menggunakan kartu bertuliskan besaran turunan, guru membimbing siswa untuk
melakukan kegiatan pengamatan dan penyelesaian, korelasi besaran pokok sehingga
menjadi besaran turunan.
c)
Guru
dan siswa mempraktikan kegunaan besaran dan satuan
d)
Secara
bergantian, 2 orang siswa tampil didepan kelas untuk menyebutkan besaran yang
tepat dalam membuat sebuah kursi. Setelah itu saling bertanya dan menjawab
pertanyaan yang diajukan temannya.
e) Guru
membimbing siswa menyebutkan jumlah masing-masing besaran beserta satuannya
secara berulang-ulang.
f) Guru
bertanya kepada siswa, apa saja yang telah dipelajarinya, dan sisiwa
menuliskannya dalam buku masing-masing.
3.
Kegiatan Penutup
·
Guru
dan siswa bermain “panjang bernomor- siap”. Siswa menyebutkan nomor urut
masing-masing. Guru memanggil salah satu nomor dan siswa yang nomornya
dipanggil menjawab siap. Bila terlambat dan salah menjawab, siswa tersebut
menceritakan apa yang telah dipelajari dan responnya terhadap proses
pembelajar.
·
Guru
memberi penghargaan terhadap siswa atas usahanya dalam belajar.
4.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik
Penilaian
Tes
Tertulis
Tes
portofolio
2.
Bentuk
Instrumen
Tes
Essay
3.
Contoh
Instrumen
a.
Sebutkan
tiga besaran pokok dan besaran turunan berikut satuannya yang sering kamu
jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Kunci:
Besaran
pokok : Panjang (meter), Massa (Kg), Waktu (sekon).
Besaran
Satuan : Luas (m2), Volume (m3), gaya (N)
5.
Sumber Belajar
Buku Referensi
1.
Kanginan,
Marthen,. 2006. IPA Fisika 1 untuk SMP KELAS VII. Jakarta: Erlangga
2.
Guru,
Tim Abadi. 2006. IPA FISIKA untuk SMP KELAS VII. Jakarta: Erlangga
3.
Kartu
bertuliskan macam- macam besaran
4.
Beberapa
benda yang digunakan untuk praktik
Selasa, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMP N 1
Wonolalam Guru Mata Pelajaran,
Hj.
Umaroh, M.Pd Nia Nor Ikhsani
NIP.19800915
200501 1 212 NIM.
103611012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N 1
Wonosalam
Kelas / Semester : VII A (tujuh A)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan
Alam)
Standar Kompetensi
1. Siswa
mampu memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan
menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar
1.3
Siswa
dapat melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur
sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1.
Mendeskripsikan
macam-macam alat-alat pengukur panjang
2.
Mengetahui
berbagai macam alat pengukur massa
3.
Mendeskripsikan
alat-alat pengukur waktu
4.
Mengetahui
alat-alat pengukur Luas dan Volume
5.
Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
1.
Mengenal
massa sebagai ukuran jumlah materi yang dikandung oleh suatu benda.
2.
Mengetahui
berbagai macam alat pengukur (panjang, massa, waktu, luas dan volume)
3.
Menggunakan
alat yang tepat sesuai yang dibutuhkan
4.
Membandingkan
karakteristtik dari berbagai macam alat pengukur
5.
Menyelesaikan
suatu permasalahan yang berkaitan dengan pengukuran
B.
Materi Pembelajaran : Pengukuran
C.
Metode Pembelajaran
1.
Model : -Listening Team (Tim Pendengar)
-Kooperatif learning
2. Metode : -Diskusi
Kelompok
-Pengamatan
D.
Langkah-Langkah Kegiatan
A.
Pertemuan Pertama
1)
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan apresepsi
Ø Letupan kembang api yang indah diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam pengukuran massa bahan-bahan
pembuatannya, jarak pemasangan, dan waktu saat menyalakan. Bagaimana cara
mengukur jarak, massa dan waktu?
·
Prasyarat
pengetahuan
Ø Sebutkan macam-macam alat pengukur panjang, massa, waktu, luas dan
volume yang kamu ketahui.?
Ø Jelaskan perbedaan antara massa dan berat?
2)
Kegiatan Inti
·
Siswa
dibagi dalam 4 kelompok. Setiap kelompok mempunyai peran dan tugas
sendiri-sendiri. Setiap kelompok
disajikan berbagai macam alat pengukuran yang berbeda dari kelompok yang
lainnya. Ketika melakukan diskusi dari jawaban kelompok 1, maka kelompok 2
(sebagai kelompok setuju) bertugas menyampaikan poin-poin mana yang
disepakatidan menjelaskan alasannya. Kelompok 3 (sebagai kelompok tidak setuju)
bertugas mengomentari poin mana yang tidak disetujuidan menjelaskan alasannya.
Kelompok 4 (sebagai pembuat contoh) bertugas membuat contoh atau aplikasi yang disampaikan
oleh guru. Berlaku sebaliknya.
· Guru
menyampaikan materi pelajaran. Setelah selesai kelompok-kelompok tersebut
diberi waktu untuk melaksanakan tugas sesuai dengan yang ditetapkan.
· Guru
hanya memberikan pengarahan agar 4 kelompok tersebut mengemukakan tugasnya
dengan baik. Selain itu juga memberikan komentar jika ada pendapat yang
menyimpang terlalu jauh dari materi pelajaran.
· Guru
melakuakan klarifikasi, kesimpulan dan mengajak siswa bertepuk tangan agar
tambah bersemangat dalam belajar.
3)
Kegiatan Penutup
·
Guru
dan peserta didik membuat rangkuman/ kesimpulan
·
Guru
memberikan tes secara lisan tentang materi pengukuran tadi.
B.
Pertemuan Kedua
1)
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan apresepsi
Ø Ketika seorang pelari berlari dengan kecepatan tinggi, maka jarak
waktu tempuhnya akan sepakin cepat, apakah benar demikian,,?
·
Prasyarat
pengetahuan
Ø Satuan jarak termasuk besaran apa?
Ø Satuan dari waktu adalah?
2)
Kegiatan Inti
· Melalui
diskusi kelas, guru memberikan informasi cara membaca skala pada macam-macam
alat ukur
· Melalui
diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas membandingkan skala pada
masing-masing alat ukur panjang, massa, waktu, luas dan volume.
· Guru
memberikan contoh latihan cara menghitungnya apabila sudah diaplikasikan pada
kehidupan nyata.
3)
Kegiatan Penutup
·
Guru
bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Guru
memberikan latihan soal-soal tentang pengukuran pada suatu benda
·
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal
E.
Penilaian Hasil Belajar
a.
Teknik
Penilaian
Tes
Tertulis
Tes
Unjuk Kerja
portofolio
b.
Bentuk
Instrumen
Tes
Pilihan Ganda
Tes
Uraian
Tes
Identifikasi
c.
Contoh
Instrumen
Contoh
Tes Pilihan Ganda
Untuk
mengukur suatu massa benda padat, kamu seharusnya menggunakan ……
a.
Meter
stik c.
neraca tiga lengan
b.
Gelas
ukur d.
neraca kamar mandi
Kunci : c
Tes
Uraian
Dari
macam-macam alat ukur waktu (stopwatch, arloji, jam pasir) manakah yang menurut
anda paling teliti. ?
Tes
Identifikasi
Tersedia
alat ukur panjang, yaitu mistar 30 cm, mistar 1 meter, pita ukur, jangka
sorong, micrometer sekrup.
Alat
ukur manakah yang paling sesuai untuk mengukur:
a)
tinggi
badanmu d). Ukuran
lingkar pinggangmu
b)
diameter
kelereng e). tebal uang
logam.
c)
pajang
buku fisika ini
d.
Sumber Belajar
Buku
Referensi
1.
Kanginan,
Marthen,. 2006. IPA Fisika 1 untuk SMP KELAS VII. Jakarta: Erlangga
2.
Guru,
Tim Abadi. 2006. IPA FISIKA untuk SMP KELAS VII. Jakarta: Erlangga
Selasa, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMP N 1
Wonolalam Guru Mata Pelajaran,
Hj.
Umaroh, M.Pd Nia Nor Ikhsani
NIP.19800915
200501 1 212 NIM.
103611012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar