Kamis, 07 Juni 2012

RPP Fisika SMP materi Besaran Fisika dan Pengukurannya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                         (RPP)          
Sekolah                                   : SMP N 1 Wonosalam
Kelas / Semester                    : VII A (tujuh A)/Semester 1
Mata Pelajaran                      : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi 
1.      Siswa mampu memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar
1.2  Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
Indikator
1.      Menjelaskan pengertian dari suhu
2.      Mendeskripsikan jenis-jenis dari termometer
3.      Membandingkan termometer Celsius dengan termometer yang lain
Alokasi Waktu  : 2 x 40 menit
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
1.      Menjelaskan pengertian suhu
2.      Menggunakan termometer untuk mengukur suhu benda
3.      Melakukan percobaan untuk membuat thermometer sederhana
4.      Membaca skala pada thermometer Celcius
5.      Membandingkan skala pada thermometer Celcius dan thermometer Fahrenheid
B.     Materi Pembelajaran : Suhu dan Pengukuran
C.    Metode Pembelajaran
1.      Model        : -Direc instruction (DI)
  -Kooperatif learning
2. Metode        : -Diskusi Kelompok
                          -Eksperimen
D.    Langkah-Langkah Kegiatan
1.      Pertemuan Pertama
a.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan apresepsi
Ø  Alat apakah yang dipakai bila suhu tubuhmu terasa panas?
·         Prasyarat pengetahuan
Ø  Apakah satuan suhu menurut SI?
Ø  Termasuk besaran apakah suhu itu?
·         Pra Eksperimen
Ø  Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang terbuat dari kaca
Ø  Juga hati-hati menggunakan api
b.      Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
·         Secara kelompok peserta didik mendiskusikan pengertian suhu, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.
·         Guru menganggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar.
·  Setiap kelompok diberikan sebuah thermometer suhu badan, setiap kelompok mediskusikan bagaimana cara menggunakan thermometer yang benar
·     Peserta didik dalam kelompok melakukan eksperimen cara membuat thermometer sederhana dengan menggunakan alat-alat yang telah disediakan (thermometer tak bersekala, bejana kaca, kaki tiga dan kassa, air, es batu, kompor spirtus)
·         Peserta didik mengamati dan menuliskan datanya kedalam lembar data praktikum

c.       Kegiatan Penutup
·       Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok
·         Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar
·         Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari
·         Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan misalnya mencari macam-macam thermometer yang ada dalam kehidupan sehari-hari
2.      Pertemuan Kedua
a.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan apresepsi
Ø  Secara klasikal guru memberi pertanyaan, apakah satuan suhu dalam SI.
·         Prasyarat pengetahuan
Ø  Guru menunjuk sebuah thermometer, peserta didik diminta untuk membaca skala
b.      Kegiatan Inti
·  Melalui diskusi kelas, guru memberikan informasi cara membaca skala pada thermometer yang benar.
·    Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas membandingkan skala pada thermometer Celcius dengan thermometer Fahrenheid
·  Guru memberikan informasi cara menentukan skala thermometer Celcius dan Fahrenheid dengan perbandingan C : F  =  5 : 9
·    Guru memberikan contoh latihan cara menghitung skala thermometer Celcius dan Fahrenheid
c.       Kegiatan Penutup
·         Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan latihan soal-soal tentang thermometer
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal
E.     Penilaian Hasil Belajar
a.       Teknik Penilaian
*      Tes Tertulis
*      Tes Unjuk Kerja
b.      Bentuk Instrumen
*      Isian dan Pilihan Ganda
*      Uji Petik Kerja Prossedur dan Produk
c.       Contoh Instrumen
*      Instrumen Tes Isian
Alat yang diukur untuk mengukur suhu zat adalah …………
Kunci : Termometer
Skor = 1
*      Contoh Tes Pilihan Ganda
Bila Termometer Celcius menunjuk angka 30 derajat, maka :
a.       82derajat F
b.      84 derajat F
c.       85,5 derajat F
d.      86 derajat F
Kunci : d
Skor 1
*      Uji petik kerja prosedur dan produk
Lakukan kegiatan untuk membuat thermometer sederhana dengan menggunakan alat-alat sebagai berikut:
ü  Termometer tak bersekala
ü  Kaki Tiga dan Kassa
ü  Bejana kaca
ü  Kompor Spirtus
ü  Air dan Es Batu
F.     Sumber Belajar
a.       Alat-alat Praktikum
a.       Thermometer                     f) Mistar
b.      Bejana kaca                       g) Pita ukur
c.       Pembakar Bunsen             h) Jangka Sorong
d.      Kertas polos                      i) Mikrometer Sekrup
e.       Kaki tiga                           j) Neraca
b.      Buku Referensi
1.      Kanginan, Marthen,. 2006. IPA Fisika 1 untuk SMP KELAS VII. Jakarta: Erlangga
2.      Guru, Tim Abadi. 2006. IPA FISIKA untuk SMP KELAS VII. Jakarta: Erlangga
Rubik
No
Aspek
Skor
1
Merangkai alat dengan benar
2
2
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
4
3
Memperoleh data dari percobaan
2
4
Membuat kesimpulan dengan benar
2

Jumlah Skor
10

                                                                                                        Selasa, 12 Mei 2012
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP N 1 Wonolalam                                                            Guru Mata Pelajaran,



Hj. Umaroh, M.Pd                                                                           Nia Nor Ikhsani
NIP.19800915 200501 1 212                                                             NIM. 103611012





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                                   : SMP N 1 Wonosalam
Kelas / Semester                    : VII A (tujuh A)/Semester 1
Mata Pelajaran                      : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi 
1.      Siswa mampu memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar
    1.1  Siswa mampu mendeskripsikan macam-macam besaran beserta satuannya.
Indikator
1.      Menjelaskan besaran dan satuannya
2.      Mendeskripsikan jenis-jenis besaran dalam fisika
3.      Menurunkan satuan yang tepat dari besaran pokok menjadi besaran turunan
Alokasi Waktu  : 2 x 40 menit
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
1.      Menjelaskan pengertian besaran dan satuan
2.      Membedakan antara besaran pokok dan besaran turunan
3.      Mengetahui  macam-macam besaran pokok dan besaran turunan.
4.      Mengonversi satuan yang tepat dalam melakukan perhitungan
5.      Mengetahui satuan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok.
B.     Materi Pembelajaran : Besaran dan satuan
C.    Metode Pembelajaran
1.      Model  : -Direc instruction (DI)
  -Kooperatif learning
2.  Metode : -Demonstrasi
                          -Pengamatan
D.    Langkah-Langkah Kegiatan
A.    Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan apresepsi
Ø  Dalam memotong sebuah kayu menjadi kursi, besaran apakah yang digunakan?
·         Prasyarat pengetahuan
Ø  Apakah maksud dari besaran dan satuan?
Ø  Termasuk besaran apakah panjang itu?
2.      Kegiatan Inti
·         Guru nengecek kesiapan siswa, media dan kelengkapan belajar dikelas
·         Siswa mendengar yang disampaikan guru terkait materi besaran dan satuan
·         Dari macam macam-macam besaran pokok dan besaran turunan yang ada di papan tulis, siswa diminta untuk menyebutkan dan menuliskan jawabannya (satuan yang tepat)
·   Siswa mendengar aktif informasi guru bahwa masing-masing besaran mempunyai karakteristik yang berbeda dan kegunaan tersebut akan diketahui siswa melalui hasil pengamatan dslsm percobaan
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengajak siswa bertepuk tangan agar bersemangat dalam belajar.
3.      Kegiatan Penutup
·     Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar
·    Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja disampaikan
B.     Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan apresepsi
Ø  Secara klasikal guru memberi pertanyaan, apakah massa termasuk besaran pokok?
·         Prasyarat pengetahuan
Ø  Guru menimbang sebuah batu, satuan dari massanya adalah.?
2.      Kegiatan Inti
a)  Siswa maju kedepan kelas secara bergantian dengan menyebut dan menuliskan satuan dari besaran tersebut.
b)   Dengan menggunakan kartu bertuliskan besaran turunan, guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan pengamatan dan penyelesaian, korelasi besaran pokok sehingga menjadi besaran turunan.
c)      Guru dan siswa mempraktikan kegunaan besaran dan satuan
d)     Secara bergantian, 2 orang siswa tampil didepan kelas untuk menyebutkan besaran yang tepat dalam membuat sebuah kursi. Setelah itu saling bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan temannya.
e)  Guru membimbing siswa menyebutkan jumlah masing-masing besaran beserta satuannya secara berulang-ulang.
f) Guru bertanya kepada siswa, apa saja yang telah dipelajarinya, dan sisiwa menuliskannya dalam buku masing-masing.

3.      Kegiatan Penutup
·         Guru dan siswa bermain “panjang bernomor- siap”. Siswa menyebutkan nomor urut masing-masing. Guru memanggil salah satu nomor dan siswa yang nomornya dipanggil menjawab siap. Bila terlambat dan salah menjawab, siswa tersebut menceritakan apa yang telah dipelajari dan responnya terhadap proses pembelajar.
·         Guru memberi penghargaan terhadap siswa atas usahanya dalam belajar.
4.      Penilaian Hasil Belajar
1.      Teknik Penilaian
*      Tes Tertulis
*      Tes portofolio
2.      Bentuk Instrumen
*      Tes Essay
3.      Contoh Instrumen
a.       Sebutkan tiga besaran pokok dan besaran turunan berikut satuannya yang sering kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Kunci:
Besaran pokok : Panjang (meter), Massa (Kg), Waktu (sekon).
Besaran Satuan : Luas (m2), Volume (m3), gaya (N)
5.      Sumber Belajar
             Buku Referensi
1.      Kanginan, Marthen,. 2006. IPA Fisika 1 untuk SMP KELAS VII. Jakarta: Erlangga
2.      Guru, Tim Abadi. 2006. IPA FISIKA untuk SMP KELAS VII. Jakarta: Erlangga
3.      Kartu bertuliskan macam- macam besaran
4.      Beberapa benda yang digunakan untuk praktik

                                                                                                        Selasa, 12 Mei 2012
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP N 1 Wonolalam                                                            Guru Mata Pelajaran,



Hj. Umaroh, M.Pd                                                                           Nia Nor Ikhsani
NIP.19800915 200501 1 212                                                             NIM. 103611012




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                                   : SMP N 1 Wonosalam
Kelas / Semester                    : VII A (tujuh A)/Semester 1
Mata Pelajaran                      : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi 
1.  Siswa mampu memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar
1.3  Siswa dapat melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1.      Mendeskripsikan macam-macam alat-alat pengukur panjang
2.      Mengetahui berbagai macam alat pengukur massa
3.      Mendeskripsikan alat-alat pengukur waktu
4.      Mengetahui alat-alat pengukur Luas dan Volume
5.      Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu  : 2 x 40 menit
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
1.      Mengenal massa sebagai ukuran jumlah materi yang dikandung oleh suatu benda.
2.      Mengetahui berbagai macam alat pengukur (panjang, massa, waktu, luas dan volume)
3.      Menggunakan alat yang tepat sesuai yang dibutuhkan
4.      Membandingkan karakteristtik dari berbagai macam alat pengukur
5.      Menyelesaikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan pengukuran
B.     Materi Pembelajaran : Pengukuran
C.    Metode Pembelajaran
1.      Model        : -Listening Team (Tim Pendengar)
  -Kooperatif learning
2. Metode        : -Diskusi Kelompok
                          -Pengamatan
D.    Langkah-Langkah Kegiatan
A.    Pertemuan Pertama
1)      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan apresepsi
Ø  Letupan kembang api yang indah diperlukan ketelitian dan  kecermatan dalam pengukuran massa bahan-bahan pembuatannya, jarak pemasangan, dan waktu saat menyalakan. Bagaimana cara mengukur jarak, massa dan waktu?
·         Prasyarat pengetahuan
Ø  Sebutkan macam-macam alat pengukur panjang, massa, waktu, luas dan volume yang kamu ketahui.?
Ø  Jelaskan perbedaan antara massa dan berat?
2)      Kegiatan Inti
·         Siswa dibagi dalam 4 kelompok. Setiap kelompok mempunyai peran dan tugas sendiri-sendiri.  Setiap kelompok disajikan berbagai macam alat pengukuran yang berbeda dari kelompok yang lainnya. Ketika melakukan diskusi dari jawaban kelompok 1, maka kelompok 2 (sebagai kelompok setuju) bertugas menyampaikan poin-poin mana yang disepakatidan menjelaskan alasannya. Kelompok 3 (sebagai kelompok tidak setuju) bertugas mengomentari poin mana yang tidak disetujuidan menjelaskan alasannya. Kelompok 4 (sebagai pembuat contoh) bertugas membuat contoh atau aplikasi yang disampaikan oleh guru. Berlaku sebaliknya.
·     Guru menyampaikan materi pelajaran. Setelah selesai kelompok-kelompok tersebut diberi waktu untuk melaksanakan tugas sesuai dengan yang ditetapkan.
·        Guru hanya memberikan pengarahan agar 4 kelompok tersebut mengemukakan tugasnya dengan baik. Selain itu juga memberikan komentar jika ada pendapat yang menyimpang terlalu jauh dari materi pelajaran.
·   Guru melakuakan klarifikasi, kesimpulan dan mengajak siswa bertepuk tangan agar tambah bersemangat dalam belajar.
3)      Kegiatan Penutup
·         Guru dan peserta didik membuat rangkuman/ kesimpulan
·         Guru memberikan tes secara lisan tentang materi pengukuran tadi.
B.     Pertemuan Kedua
1)      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan apresepsi
Ø  Ketika seorang pelari berlari dengan kecepatan tinggi, maka jarak waktu tempuhnya akan sepakin cepat, apakah benar demikian,,?
·         Prasyarat pengetahuan
Ø  Satuan jarak termasuk besaran apa?
Ø  Satuan dari waktu adalah?
2)      Kegiatan Inti
·  Melalui diskusi kelas, guru memberikan informasi cara membaca skala pada macam-macam alat ukur
·       Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas membandingkan skala pada masing-masing alat ukur panjang, massa, waktu, luas dan volume.
·     Guru memberikan contoh latihan cara menghitungnya apabila sudah diaplikasikan pada kehidupan nyata.
3)      Kegiatan Penutup
·         Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan latihan soal-soal tentang pengukuran pada suatu benda
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal
E.     Penilaian Hasil Belajar
a.       Teknik Penilaian
*      Tes Tertulis
*      Tes Unjuk Kerja
*      portofolio
b.      Bentuk Instrumen
*      Tes Pilihan Ganda
*      Tes Uraian
*      Tes Identifikasi
c.       Contoh Instrumen
*      Contoh Tes Pilihan Ganda
Untuk mengukur suatu massa benda padat, kamu seharusnya menggunakan ……
a.       Meter stik                                      c. neraca tiga lengan
b.      Gelas ukur                                     d. neraca kamar mandi
Kunci : c
*      Tes Uraian
Dari macam-macam alat ukur waktu (stopwatch, arloji, jam pasir) manakah yang menurut anda paling teliti. ?
*      Tes Identifikasi
Tersedia alat ukur panjang, yaitu mistar 30 cm, mistar 1 meter, pita ukur, jangka sorong, micrometer sekrup.
Alat ukur manakah yang paling sesuai untuk mengukur:
a)      tinggi badanmu                       d). Ukuran lingkar pinggangmu
b)      diameter kelereng                    e). tebal uang logam.
c)      pajang buku fisika ini
d.      Sumber Belajar
Buku Referensi
1.      Kanginan, Marthen,. 2006. IPA Fisika 1 untuk SMP KELAS VII. Jakarta: Erlangga
2.      Guru, Tim Abadi. 2006. IPA FISIKA untuk SMP KELAS VII. Jakarta: Erlangga

                                                                                                        Selasa, 12 Mei 2012
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMP N 1 Wonolalam                                                            Guru Mata Pelajaran,



Hj. Umaroh, M.Pd                                                                           Nia Nor Ikhsani
NIP.19800915 200501 1 212                                                             NIM. 103611012














Tidak ada komentar:

Posting Komentar