SILABUS
Sekolah : SMP N 1 Wonosalam
Kelas :
VII A (Tujuh A)
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Semester : I (Satu)
Standar Kompetensi : Siswa
Mampu Memahami Prosedur Ilmiah Untuk Mempelajari Benda-benda Alam Dengan
Menggunakan Peralatan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1
Siswa mampu mendeskripsikan macam-macam besaran beserta satuannya
|
Besaran
dan Satuan
a.
Besaran
Dalam Fisika
b.
Besaran
Pokok dan Besaran Turunan
|
Ceramah,
diskusi, dan latihan soal
|
·
Menjelaskan
besaran dan satuannya.
·
Mendeskripsikan
jenis-jenis besaran dalam fisika
·
Menurunkan
satuan yang tepat dari besaran pokok menjadi besaran turunan
|
Tes
Tertulis, portofolio
|
Tes
essai
|
Sebutkan
tiga besaran pokok dan besaran turunan, berikut satuannya yang sering kamu
jumpai dalam kehidupan sehari-hari.?
|
2x40
menit
|
1,2,3
|
1.2
Siswa mampu mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
|
Suhu
a.
Tentang
Suhu
b.
Jenis-jenis
Termometer
c.
Skala
Termometer
|
Ceramah,
diskusi, praktikum dan latihan soal
|
·
Menjelaskan
pengertian dari suhu
·
Mendeskripsikan
jenis-jenis termometer
·
Membandingkan
termometer Celsius dengan termometer yang lain.
|
Tes
Tertulis, Tes Unjuk Kerja
|
Pilihan
ganda, Uji petik kerja prossedur dan produk
|
Lakukan
kegiatan untuk membuat thermometer sederhana dengan menggunakan alat-alat
sebagai berikut:
a.
Thermometer
tak bersekala
b.
Bejana
kaca
c.
Air
dan es batu
d.
Kompor
Spertus
|
2x40
menit
|
1,2,3
|
1.3
Siwa dapat melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat
ukur sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
Pengukuran
a.
Pengukuran
Panjang
b.
Pengukuran
Massa
c.
Pengukuran
Waktu
d.
Pengukuran
Luas dan Volume
|
Ceramah,
diskusi, demonstrasi dan latihan soal
|
·
Mendeskripsikan
macam-macam alat pengukur panjang
·
Mengetahui
berbagai macam alat pengukur massa
·
Mendeskripsikan
alat-alat pengukur waktu
·
Mengetahui
alat-alat pengukur Luas dan Volume
·
Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yangs esuai dan
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes
Tertulis, portofolio, dan tes unjuk kerja
|
Tes
pilihan ganda, tes uraian, tes Identifikasi
|
Kamu
diberi sehelai daun oleh gurumu dan diminta untuk menentukan luas
permukaannya. Bagaimana caramu mengukur luas permukaan daun itu? Sebutkan
urut-urutan langkah kerjamu.?
|
2x40
menit
|
1,2,3
|
Sumber
Belajar :
1.
Alat-alat
Praktikum
a)
Thermometer f) Mistar
b)
Bejana
kaca g) Pita ukur
c)
Pembakar
Bunsen h) Jangka Sorong
d)
Kertas
polos i) Mikrometer
Sekrup
e)
Kaki
tiga j) Neraca
2.
Kanginan,
Marthen,. 2006. IPA Fisika 1 untuk SMP KELAS VII. Jakarta: Erlangga
3.
Guru,
Tim Abadi. 2006. IPA FISIKA untuk SMP KELAS VII. Jakarta: Erlangga
Mengetahui,
Kepala SMP N 1
Wonolalam Guru
Mata Pelajaran,
Hj.
Umaroh, M.Pd Nia
Nor Ikhsani NIP.19800 91520050 1 212 NIM. 103611012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar